AyaT SakinaH

Al-Fath : 4.

هوالذي أنزل السكينة فى قلوب المؤمنين ليزدادوا إيمنا مع إيمنهم

ولله جنود السموت والأرض وكان الله عليما حكيما

(Tuhan Yang membuka jalan kemenangan itu) Dia lah Yang menurunkan semangat tenang tenteram ke Dalam hati orang-orang Yang beriman (semasa mereka meradang terhadap angkara musuh) supaya mereka bertambah iman dan yakin beserta Dengan iman dan keyakinan mereka Yang sedia ada; pada hal Allah Menguasai tentera langit dan bumi (untuk menolong mereka); dan Allah adalah Maha Mengetahui, lagi Maha Bijaksana.

Pelangi Usai Hujan

hidup seorang puteri sakinah

hidup seorang puteri sakinah

Friday, November 12, 2010

PENA 38: Hujan Sakinah

اللهم صيبا نافعا

قال بريده الأسلمي سمعت رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم
‏ ‏يقول

خمس لا يعلمهن إلا الله تعالى ‏
‏إن الله عنده علم الساعة وينزل ‏‏ الغيث
‏ ‏ويعلم ما في الأرحام وما تدري نفس
ماذا تكسب غدا وما تدري نفس بأي
أرض تموت إن الله عليم خبير ‏


نزل المطر في يوم الجمعة


ولن انسى دعاء المطر ودعاء الرعد
(اللهم صيبا نافعا )
(سبحان الذي سبح الرعد بحمده والملائكه من خيفته )
يا حي يا قيوم لاتأخذك سنة ولا نوم
انت الرازق الرزاق الوهاب وانت الرحمن الرحيم

اللهم صل وسلم على اشرف خلقك سيدنا
محمد واله وصحبه
اللهم اغفر لي ولأمة نبينا محمد صلى الله عليه وسلم
وارحمني وارحم امة نبينا محمد صلى الله عليه وسلم
اللهم اغفر وارحم وانت خير الراحمين

وبمناسبة المطر رح اطلب من الله فك قيد اسرانا
والنصر لإخواننا المجاهدين في كل مكان
واعلاء كلمة الله وازهاق كلمة الباطل


اللهم رد كيد الكائدين الي نحورهم
اللهم انا نجعلك في نحورهم ونعوذ بك من شرورهم

دعاء للمطر للشيخ مشاري العفاسي




الصبر

wah..penatnya..geram wei..penat aku tulis..tengok..mozilla crash...kenapa..?
Sabar...sabaaaaaaaaaaaaaaaarrrr....
الصبر من الإيمان...

****************

moga hujan yang membasahi bumi di hening pagi ini
adalah hujan sakinah
yang membawa barakah dan rahmah
menyuburkan bumi
menyuburkan hati-hati yang sudah lama kontang daripada tarbiah
maka
hayatilah setiap daripada penciptaan-Nya
Maha Suci Allah yang menciptakan sesuatu tanpa sia-sia
Maha Suci Allah daripada segala kekurangan
Maha Suci Allah yang menjadikan hujan ini..ia turun..bukan ia naik




bagaimana jika ia berlaku sebaliknya?
bagaimana jika hujan ini tidak turun seperti 'shower' tapi, turun sekaligus seperti air yang disimbah?
bagaimana kalau hujan itu diturun pada satu-satu tempat sahaja dan tidak menyuluruh ke bumi?
pernahkah anda terfikir?
berfikir menjana kecemerlangan
ya, kerana anda dikurnia akal untuk berfikir
maka lihatlah
Maha Bijaksana Tuhan Yang Menciptakan
Allah Maha Besar
Tiada satu kuasa pun yang dapat menandingi kekuasaan-Mu




المطر : hujan 

Ayat-ayat Allah di alam semesta ditegaskan dalam surat An-Nahl ayat 10-17:
 
10) Dia-lah yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya menyuburkan tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu.

11) Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.

12) Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami(nya),

13) dan Dia (menundukkan pula) apa yang Dia ciptakan untuk kamu di bumi ini dengan berlain-lainan macamnya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang mengambil pelajaran.

14) Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.

15) Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,

16) dan Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang itulah mereka mendapat petunjuk.

17) Maka apakah (Allah) yang menciptakan itu sama dengan yang tidak dapat menciptakan (apa-apa)? Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?
Di dalam Al-Qur'an, Allah mengajak orang-orang yang berakal agar memikirkan hal-hal yang biasa diabaikan orang lain, atau yang biasa dikatakan sebagai hasil "evolusi", "kebetulan", atau "keajaiban alam" belaka.

190) Sesungguhnya dalam penciptaan langit langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, 191) (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Aali 'Imraan, 3:191)

Sebagaimana kita lihat dalam ayat tersebut, orang-orang yang berakal melihat ayat-ayat Allah dan berusaha untuk memahami ilmu, kekuasaan dan kreatif seni-Nya yang tak terhingga dengan mengingat dan merenungkan hal-hal tersebut, sebab ilmu Allah tak terbatas, dan ciptaan-Nya sempurna tanpa cacat.
Bagi orang yang berakal, segala sesuatu di sekeliling mereka adalah tanda-tanda penciptaan oleh Allah…



المطر فضل من الله ورحمة

* إن من نسب المطر إلى الله , واعتقد أنه أنزله بفضله ورحمته من غير استحقاق من العبد على ربه, وأثنى على الله بذلك فقال: {مطرنا بفضل الله ورحمته} فهذا مؤمن بالله شاكر لنعمته كافر بما سواه, وأما من نسب نزول المطر إلى غير الله من الكواكب أو الطبيعة وتغير المناخ؛ فذلك كافر بالله تعالى مؤمن بغيره. فالواجب أن ينسب نزول المطر وجميع النعم إلى الله تعالى قال تعالى: { وَمَا بِكُمْ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللَّهِ } {النحل - 53}.

 Di antara bentuk kufur nikmat adalah menyandarkan turunnya hujan kepada selain Allah ‘azza wajalla

Hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh hadits Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu.

Berikut ini pembahasannya yang merupakan kelanjutan dari kajian Kitab At-Tauhid karya Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab rahimahullah Bab Ma Ja-a Fil Istisqa’ bil Anwa’ 


ولهما عن زيد بن خالد الجهني رضي الله عنه ، قال : « صلى لنا رسول الله صلى الله عليه وسلم صلاة الصبح بالحديبية على إثر سماء كانت من الليل ، فلما انصرف أقبل على الناس فقال : ” هل تدرون ماذا قال ربكم ” ؟ . قالوا : الله ورسوله أعلم ، قال : ” قال : أصبح من عبادي مؤمن بي وكافر ، فأما من قال : مطرنا بفضل الله ورحمته ، فذلك مؤمن بي كافر بالكوكب ، وأما من قال : مطرنا بنوء كذا وكذا ، فذلك كافر بي مؤمن بالكوكب
 . » 
.
Dan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari shahabat Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengimami kami ketika shalat shubuh di Hudaibiyyah setelah turunnya hujan tadi malam. Tatkala selesai salam beliau menghadap ke arah para shahabat kemudian bersabda: Apakah kalian mengetahui apa yang difirmankan Rabb kalian? Para shahabat mengatakan: Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui. Nabi bersabda: Allah berfirman: Pada pagi hari ini ada di antara hamba-Ku yang beriman kepada-Ku dan ada pula yang kafir, adapun orang-orang yang mengatakan: Kami diberi hujan dengan sebab keutamaan dari Allah dan rahmat-Nya, maka dia telah beriman kepada-Ku dan kufur terhadap bintang-bintang. Dan adapun orang yang mengatakan: Kami diberikan hujan dengan sebab bintang ini dan bintang itu, maka dia telah kafir kepada-Ku dan beriman kepada bintang-bintang.



  لئن شكرتم لأزيدنكم


* يقول ابن كثير في تفسير قوله تعالى: { لَئِنْ شَكَرْتُمْ لأزِيدَنَّكُمْ } { إبراهيم – 7 }. أي لئن شكرتم نعمتي عليكم لأزيدنكم منها, { ولئن كفرتم } أي كفرتم النعم وسترتموها وجحدتموها { إنِّ عذابي لشديد }, وذلك بسلبها عنهم وعقابه إياهم على كفرها؛ وقد جاء في الحديث { إنِّ العبدَ لَيُحْرَمُ الرزقَ بالذنبِ يُصيبُه }. 


لَئِن شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
“Jika kamu bersyukur nescaya aku akan tambah nikmatku ke atas kamu dan jika kamu kufur (akan nikmatku) sesungguhnya azab-Ku amatlah dahsyat” - surah Ibrahim:7, al Quranul Karim
  

من أسباب نزول الغيث


1- التقوى (bertaqwa). 
قال تعالى : { وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالأرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ } { الأعراف – 96 }
Yang bermaksud : Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, Pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka segala macam berkat dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, Maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya
 .
. يقول السعدي - رحمه الله - : { ... لو أن أهل القرى آمنوا بقلوبهم إيمانا صادقا صدقته الأعمال , واستعملوا تقوى الله ظاهرا وباطنا بترك جميع ما حرم الله ؛ لفتح الله عليهم بركات من السماء والأرض }.
2-     كثرة الاستغفار والتوبة (banyakkan istighfar dan taubat).
قال تعالى: { فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا. يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا } { نوح 10-11}.
maksudnya: Maka aku katakan kepada mereka, ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu’, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat
يقول ابن كثير - رحمه الله - : { أي إذا تبتم إلى الله واستغفرتموه وأطعتموه كثر الرزق عليكم, وأسقاكم من بركات السماء, وأنبت لكم من بركات الأرض, وأنبت لكم الزرع , وأدر لكم الضرع }.
3-    الصلاة والدعاء  (solat dan doa) 
لقول عبد الله عبد الله بن زيد - رضي الله عنه -: { خَرَجَ النَّبِيُّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - إِلَى هَذَا الْمُصَلَّى يَسْتَسْقِي فَدَعَا وَاسْتَسْقَى ثُمَّ اسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ وَقَلَبَ رِدَاءَهُ } أخرجه البخاري


Proses Kejadian Hujan: مراحل المطر

اللَّهُ الَّذِي يُرْسِلُ الرِّيَاحَ فَتُثِيرُ سَحَابًا فَيَبْسُطُهُ فِي السَّمَاءِ كَيْفَ يَشَاءُ وَيَجْعَلُهُ كِسَفًا فَتَرَى

الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ فَإِذَا أَصَابَ بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ إِذَا هُمْ يَسْتَبْشِرُونَ
ُُُErtinya : "Dialah Allah Yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakiNya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira" ( Ar-Ruum : 48)


peringkat  1: "Dialah Allah Yang mengirimkan angin..." (إرسال الرياح)


Gelembung-gelembung udara yang jumlahnya tak terhitung yang dibentuk dengan pembuihan di lautan, pecah terus-menerus dan menyebabkan partikel-partikel air tersembur menuju langit. Partikel-partikel ini, yang kaya akan garam, lalu diangkut oleh angin dan bergerak ke atas di atmosfera.



peringkat 2:“...lalu angin itu menggerakkan awan "  awan terbentuk
   إثارة السحاب
ia membentuk awan dengan mengumpulkan wap air di sekelilingnya, yang naik lagi dari laut, sebagai titik-titik kecil dengan mekanisme yang disebut "perangkap air".


peringkat 3:  dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendaki-Nya 
 بسط السحاب


Awan-awan terbentuk dari wap air yang mengembun di sekeliling butir-butir garam atau debu di udara. angin saling bergeseran maka wujud cas elektrik  


peringkat 4 :dan menjadikannya bergumpal-gumpal.(جعله كسفا )

awan menjadi berat. Partikel-partikel air yang mengelilingi butir-butir garam dan partikel -partikel debu itu mengental dan membentuk air hujan.




peringkat 5 : "...lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya..." 
نزول الودق)

 Jadi, air hujan ini, yang menjadi lebih berat daripada udara, bertolak dari awan dan mulai jatuh ke tanah sebagai hujan.



* Sungguh jelas bahwa Allah telah memberitahu kita suatu informasi yang tak mungkin dapat diketahui 1400 tahun yang lalu.


مراجع_rujukan: 



hujansakinah: jika ada salah silap sila diteguri....

 (",)v(",) 




No comments:

Post a Comment

berbicara di sini..

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...